English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cek Darah Sebelum Nikah Penting

Label:

Pengecekan darah sebelum menikah sangat penting untuk mengetahui seseorang menderita talasemia carier atau tidak. Hal ini untuk mencegah keturunan yang mengalami anemia akut. Kenapa?
"Kalau pasangan itu dua-duanya punya talasemia carier, 25 persen bisa jadi anaknya akan kena yang akut," ujar Ketua Harian Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassaemia Indonesia, Ruswandi, Minggu (9/5).

Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari perkawinan pembawa sifat (carier). "Makanya sebelum nikah, penting cek darah pasangan," ujarnya kembali menegaskan.

Pengobatan bisa dilakukan dengan transfusi darah yang memakan biaya minimal Rp 10 juta per anak per bulan. Sementara sebagian besar penderita talasemia berasal dari keluarga prasejahtera. "Maka dari itu, kita bersyukur Ibu Ani Yudhoyono mau menjadi ikon kami. Jadi sedikit banyak bisa membantu para penderita," ujarnya kepada Kompas.com.

Talasemia adalah kelainan sel darah merah yang terkena sejak anak-anak dan merupakan penyakit bawaan yang sampai saat ini belum ada obatnya.(kompas.com)

Comments (0)

Posting Komentar