English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pilbup Tanjabar 21 Oktober

Label:

Kuala Betara Blog - Pelaksanaan pemungutan suara pilkada Tanjab Barat dipastikan akan dilakukan 21 Oktober 2010 mendatang.

Ini diketahui setelah KPU setempat menggelar rapat pleno tahapan pelaksanaan pilkada, Rabu kemarin (21/4) di kantor KPU Tanjab Barat. Selain itu, dari hasil pleno tersebut, diketahui tahapan pilkada akan dimulai bulan Mei mendatang, diawali dengan dengan pemuktahiran data pemilih yang terdaftar sebagai pemilih pilbup mendatang.

‘‘Kita telah memplenokan tahap Pemilukada Tanjab Barat. Salah satunya Pilbup akan kita gelar 21 Oktober 2010. Sedangkan tahap awal kami adalah memutakhirkan data penduduk yang terdaftar sebagai pemilih,‘‘ papar Ketua KPUD Tanjung Jabung Barat, H Syahrial, SH melalui, anggota KPU, Hadi Siswa kepada Jambi Ekspres di ruang kerjanya, Kamis ( 22/4).

Dijelaskannya, jadwal tahapan pemilukada itu dibuat berdasarkan Undang-undang Nomor 12 tahun 2008 revisi Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Dalam UU tersebut dijelaskan, pemungutan suara paling lambat dilakukan 1 bulan sebelum masa jabatan kepala daerah berakhir. Hal ini apabila menggunakan asumsi satu putaran.

‘‘Bila menggunakan asumsi dua putaran, maka jadwal pemungutan akan dimajukan paling lambat 2 bulan sebelum masa jabatan kepala daerah habis yakni tanggal 27 Januari 2011,‘‘ katanya.

Dijelaskan Hadi, dalam tahapan persiapan pemilukada bupati dan wakil bupati Tanjungjabung Barat ini dibagi menjadi 3 agenda. Yakni pemberitahuan kepada DPRD direncanakan awal Mei 2010. Agenda kedua adalah penyusunan program, penetapan tata cara, pembentukan penyelenggara, dan pendaftaran pemantau dan sosialisasi pemilu kada bupati dan wakil bupati Tanjungjabung Barat.

Sedangkan untuk tahapan penyelenggaraan, lanjut Hadi dibagi menjadi 10 tahapan. Yakni penetapan daftar pemilih yang rencananya dimulai bulan Mei 2010, pendaftaran direncanakan tanggal Juli 2010 dan penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjungjabung Barat direncanakan tanggal Agustus, kampanye September - Oktober 2010 dan masa tenang selama 3 hari yakni sekitar awal Oktober.
Selanjutnya adalah pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS, penghitungan suara di KPPS, PPS, PPK, dan KPU, penetapan pasangan calon terpilih, penyampaian hasil penetapan pasangan calon terpilih kepada DPRD. Apabila ada keberatan dan yang terakhir adalah pelantikan bupati dan wakil Bupati Tanjungjabung Barat terpilih.

update : http://www.jambiekspres.co.id

Comments (0)

Posting Komentar