English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tahapan Pembuatan Website1

Label:


Sama seperti membuat sebuah software, untuk membuat sebuah website yang baik juga diperlukan adanya tahapan-tahapan yang harus dilakukan.
Setiap tahapan selesai dilakukan, harus dievaluasi apakah tahapan itu telah berjalan dengan baik. Secara garis besar, tahapan itu adalah sebagai berikut:

Planning (perencanaan) : Perencanaan yang baik akan sangat membantu dan menghemat waktu dalam membuat sebuah situs. Hal-hal yang harus dilakukan pada tahap ini adalah :
·         Tentukan tujuan situs yang akan dibuat
·         Pengumpulan data (user gathering) kemudian menganalisisnya
·         Membuat timeline atau jadwal kerja

Design : Pada tahap design ini buatlah design yang menarik, pilihan warna yang sesuai(biasanya 3 warna dasar untuk sebuah website). Design ini sangat penting karena merupakan kesan pertama dengan user. Design yang ada harus membawa imej, tujuan, dan karakteristik yang ingin disampaikan.

Coding (Pemrograman) : Coding adalah tahap implementasi planning dan design yang telah Anda buat. Pada tahap ini Anda akan mengimplementasikan ide-ide dan design yang ada kedunia nyata sesuai dengan teknologi yang dibutuhkan(HTML, css, javascript, php, mysql, dll). Setelah coding selesai Anda melanjutkan ke tahap Testing.

Testing (Uji coba) : Pengujian dilakukan untuk meyakinkan bahwa semua fungsionalitas website telah berjalan dengan baik. Tahapan ini dilakukan untuk kontrol kualitas situs yang Anda buat. Tahapan ini dilakukan baik diserver lokal, maupun di server hosting.

Promosi : Setelah melakukan tahap uji coba, saatnya Anda meluncurkan situs web Anda ke internet untuk mengatakan hallo kepada seluruh duniaJ Promosi merupakan media yang sangat penting untuk membuat situs Anda dikenal dan dilihat oleh banyak orang. Beberapa cara mempromosikan antara lain :
·         Promosikan melalui brosur, poster, kartu nama, kop surat
·         Melalui Search Engine
·         Melalui hubungan kerjasama pemasaran dengan situs lainnya, sehingga Anda dapat menampilkan link di situs tersebut

Maintenance : Setelah situs diluncurkan maka diperlukan tahap pemeliharaan di situs tersebut. Pemeliharaan itu mencakup beberapa hal, antara lain :
·         Selalu mengupdate situs dengan isi-isi yang terbaru. Contohnya detik.com yang menerapkan frekuensi pengupdatean yang tinggi.
·         Buanglah informasi-informasi yang sudah kadaluarsa.
·         Jagalah server Anda dari serangan hacker baik orang maupun software.
·         Tambahlah situs Anda dengan fitur-fitur yang beru dan menarik
·         Memperbarui design agar user tidak bosan.


Beberapa Teknologi yang umum dan harus dimengerti oleh webmaster antara lain :

URL(Uniform Resource Locator)

URL digunakan sebagai penunjuk lokasi pada internet. URL adalah alamat sebuah website, seperti http://www.google.com/, http://www.yahoo.com/, ftp://anime.ee.itb.ac.id/. Http atau ftp adalah protokolnya, sedangkan http://www.google.com/ merupakan alamat server website tersebut.

Tanpa URL situs Anda tidak akan bisa dikunjungi. Saat ini sudah ada sekitar 4 milyaran situs yang ada di internet artinya ada sekitar 4 milyaran URL yang ada di internet.

TCP/IP

TCP/IP adlah singkatan dari Transfer Control Protokol/Internet Protokol. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan seluruh komputer yang ada di internet untuk saling berkomunikasi. Kita Bisa mengibaratkan protokol TCP/IP sebagai bahasa seluruh komputer yang terhubung dalam jaringan internet.

IP Address

Setiap Komputer yang terhubung ke internet akan memiliki IP address yang berbeda-beda(unik). Pemberian IP Address ini diatur oleh TCP/IP. TCP/IP menggunakan pengalamatan 32 bit yang tersusun atas 4 angka yang berkisar antara 0 sampai 255 yang dipisahkan oleh tanda titik.

Contoh IP Address misalnya 167.205.3.2

DNS(Domain Name System)

Domain adalah alamat situs Anda di internet, sedangkan IP Address adalah sebuah susunan angka yang unik, yang memberikan suatu alamat pada komputer yang terhubung ke jaringan internet.

Setiap Komputer yang terhubung ke jaringan TCP/IP akan memiliki IP address yang unik. IP address 32 bit ini bukan merupakan hal yang mudah diingat karena merupakan sebuah deretan angka yang unik. DNS ada karena manusia akan lebih mudah mengingat nama daripada angka.

DNS sebenarnya adalah representasi dari IP address, sebagai contoh :
http://www.google.com/ dengan http://64.233.167.99/ Kedua url itu akan menampilkan halaman yang sama, yaitu situs google.

Browser

Browser adalah sebuah program yang digunakan untuk menampilkan halaman web. Browser berkomunikasi dengan web server melalui protokol http, meminta dokumen html, lalu membaca dan menerjemahkan dokumen html tersebut serta menampilkannya ke client. Gambaran cara kerja browser adalah sebagai berikut :

Kriteria Browser yang baik, antara lain :

Mampu menerjemahkan HTML, lebih baik bila sudah mendukung XHTML
Dapat menerjemahkan scripting web seperti javascript,Vbscript, CSS,XML, dan RSS
Dukungan terhadap plugins seperti flashplayer, quicktime, Java Applet, dsb.

Plugins adalah program tambahan pada browser untuk menjalankan suatu aplikasi.
Deskripsi singkat beberapa browser

Internet Explorer

Internet Explorer(IE) adalah browser yang sepaket dalam sistem operasi microsoft windows. IE merupakan browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet, jadi jangan sampai terlewat melihat tampilan situs yang anda buat dengan browser ini.

Opera

Kelebihan browser ini adlah kecepatannya dalam mendownload dari suatu halaman web.

Firefox

Browser firefox merupakan browser baru yang mengunakan mozilla sebagai mesinnya. Firefox adalah browser yang paling kecil ukurannya saat diinstall. Kelebihan yang lainnya adalah kecepatannya dalam mendownload yang tidak kalah dengan opera. Disamping itu browser ini mendukung berbagai plugins, dan dapat menampilkan halaman web dalam tab-tab. Menurut survey, banyak netter yang kemudian beralih ke browser ini.

Browser Statistik

Browser statistik digunakan untuk mengetahui jumlah user yang menggunakan browser tertentu yang mengunjungi situs anda, anda juga bisa menambahkan fitur ini, untuk mendapatkan feedback browser yang paling diminati user.

Perencanaan dan Perancangan Web

Sekarang kita telah memahami tentang perencanaan dan perancangan web. Perencanaan adalah tahap yang harus dilakukan sebelum membuat situs web. Beberapa hal yang harus dipersiapkan saat membuat situs web antara lain :


·         Tentukan terlebih dulu tujuan dan target dari situs yang akan anda buat.
·         Tentukan target pengunjung anda dan apa saja yang dapat dilakukan pengunjung di situs yang akan anda buat.
·         Rencanakan sistem situs anda dengan matang, intinya managelah situs anda dengan baik
·         Buat sitemap dari situs yang akan anda buat.(ini akan sangat membantu)
·         Buatlah time schedule pembuatan website dan disiplinlah dengan jadwal yang telah anda buat tersebut.

Tujuan Pembuatan Situs Web

Dalam membuat sebuah situs, boleh dikatakan bahwa tujuan adalah sebuah hal yang fundamental, jangan sampai Anda membuat situs yang tanpa arti dan tujuan. Bentuk design, isi, bahkan sampai pemilihan warna yang akan Anda gunakan itu pun sangat bergantung pada tujuan situs itu dibuat dan imej yang ingin Anda sampaikan.

Beberapa tujuan pembuatan situs, antara lain :
1.        Alat pemasaran : Pemasaran melalui internet akan lebih cepat dan jangkauannya akan lebih luas. Situs yang digunakan sebagai alat pemasaran, didalamnya akan berisi company profile ataupun promosi produk atau jasa pelayanan yang ada pada suatu perusahaan. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada situs dengan tujuan alat pemasaran adalah :
·      Desain halaman web harus menarik
·      Menampilkan latar belakang perusahaan
·      Situs ini hanya berisi informasi dan tidak dapat melakukan transaksi online melalui situs ini
·      Informasi tertang produk atau jasa harus jelas dan menarik
Salah satu contoh situs yang digunakan sebagai alat pemasaran adalah http://www.darisa-im.com/ yang memasarkan produk-produk kimia ke seluruh dunia, atau http://www.oracle.com/ yang berisi company profile dan informasi terbaru tentang software oracle.

2.        Nilai Tambah :  Sebuah situs web dibuat hanya sebagai nilai tambah. Jadi maksudnya adlah sebenarnya perusahaan tersebut sudah sangat dikenal dan tidak perlu lagi mempromosikan perusahaan mereka melalui situs, namun mereka membuat situs agar perusahaannya tetap mengikuti perkembangan jaman dan tidak dibilang kuno, contohnya adalah http://www.anjjabar.go.id/

3.        Katalog : Sebuah situs yang berfungsi sebagai katlog elektronik yang menampilkan produk-produk yang akan dijual oleh suatu perusahaan. Alasannya dibuat website ini adalah sebagai tempat mempromosikan produk-produk sebuah perusahaan, hal ini lebih murah, cepat, dan efisien bila dibandingkan dengan katalog yang dicetak(media cetak), disamping itu pula, bila ada produk yang batu maka situs tersebut dapat segera di update. Pada situs ini pembayaran terhadap produk yang dibeli tidak dapat dilakukan secara online.

4.        e-commerce : e-commerce (Electronic Commerce) mulai berkembang di Indonesia sekitar tahun 2000, dan muali menjadi suatu trend baru dalam dunia internet untuk dijadikan media bisnis. E-commerce adalah suatu cara berbelanja atau berdagan secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat situs web yang dapat menyediakan layanan “get and delivered”.

Dengan adanya e-commerce diharapkan bisnis dapat dilakukan dimanapun, kapanpun, dan lebih cepat.

Urutan transaksi yang dilakukan dengan e-commerce adalah sebagai berikut :
Find it      : Mencari produk yang akan dibeli
Explore it             : pelajari dengan baik spesifikasi barang yang akan dibeli
Slect it      : Menyimpan barang yang akan dibeli ke dalam shoping cart.
Buy it       : Memproses transaksi pembayaran
Ship it       : Mengakhiri proses transaksi dan melakukan proses pengiriman Barang.

Tiga metode pembayaran yang dapat dipilih : 
Online Processing Credit Card : Pembayaran dilakukan secara online dan real time dangan melakukan proses terhadap credit card.
Money Transfer : Cara ini lebih aman, karena konsumen akan mentransfer langsung uang yang akan dibayarkan untuk membeli suatu produk.
Cash On Delivery : Sistem bayar ditempat, sistem ini hanya dapat dilakukan jika konsumen berada dalam satu kota dengan pihak penyedia produk.
Contoh situs yang telah menerapkan e-commerce adalah http://www.mypaysystems.com/ , http://www.ccnow.com/ , http://www.uni-books.com/

5.        e-learning : e-learning dapat didefinisikan sebagi sekolah maya artinya adalah mentransformasikan kegiatan belajar mengejar disekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet. Dengan e-learning antara guru dan murid tidak perlu berada dalam satu kelas lagi, Siswa diminta belajar terlebih dulu melalui modul-modul yang berisi materi pelajaran lewat situs. Siswa juga mengerjakan latihan, proyek, dan tugas rumah secara online. Kemudian mereka bekomunikasi secara virtual dengan guru melalui chatting, teleconference, maupun email. Contoh situsnya http://e-learning.babastudio.com/

6.        Komunitas : Komunitas adalah sebuah situs web yang dibuat dengan tujuan untuk memungkinkan pengnjung berkomunikasi secara bersamaan. Disini adalah tempat berkumpulnya para user untuk berbagi cerita, ide, dan hal lainnya didunia maya ini. Contohnya forum, http://www.friendster.com,dll/ 

7.        Portal : Portal adalah aplikasi berbasis web. Aplikasi ini menyediakan akses suatu titik tunggal dari informasi online terdistribusi, seperti dokumen yang didapat melaui pencarian, kanal berita, dan link ke situs khusus. Dalam situs portal disediakan fasilitas pencarian dan pengorganisasian informasi-informasi. Portal merupakan gerbang yang menghubungkan beberapa situs menjadi suatu komunitas yang besar. Contohnya http://www.cbn.net.id/

8.        Personal : Situs personal merupakan situs yang digunakan untuk mempromosikan diri sendiri. Situs ini digunakan untuk menunjukan keexistannya pada dunia maya. Antara lain adalah blog. Blog adalah halaman yang berisi berita yang tujuannya untuk dibaca orang lain. Ada fasilitas gratis untuk membuat blog sendiri di dunia maya yaitu http://www.blogger.com/ , Anda juga bisa membuat blog sendiri kemudian memasangnya secara gratis di geocities atau di tripod. Jika anda ingin mendownload script untuk membuat weblog silahkan download di http://www.pmachine.com/ kemudian menginstallnya pada webserver yang anda miliki.

Pada Dunia web, kita mengenal banyak istilah, beberapa diantaranya adalah web designer, web programer, web administrator, dan web administrator. Secara umum, webmaster mencakup semua profesi tersebut. Kenapa demikian? Karena webmaster adalah sebutan untuk orang yang ahli di dunia web sehingga seorang webmaster tidak hanya bisa mendesain halaman web saja, tetapi juga harus dapat membuat sistemnya dan merawat website tersebut hingga tetap ada dan melindunginya dari kerusakan, baik dari dalam maupun bila menghadapi serangan dari luar.

Secara garis besar dapat disimpulkan tugas seorang webmaster adalah merancanakan, merancang, mengelola, mengembangkan dan memelihara situs web agar tetap dapat berjalan dengan baik serta dapat dinikmati oleh pengunjung

Seorang webmaster juga harus terus belajar, berbagi, dan berkarya. Karena pada hakikatnya seorang layak disebut sebagai webmaster bukan karena jabatan yang disandangnya, namun karena karya dan kontribusi yang diberikannya. Jika Anda sudah memahami bahwa seorang webmaster bukan berorientasi pada jabatan, namun pada karya yang dihasilkannya, ayo kita mulai berusaha menjadi seorang webmaster.

Spesifikasi webmaster

Kadang karena semakin kompleksnya dunia web, istilah webmaster itu digunakan sebagi julukan untuk sebuah tim, bukan seorang saja.  Untuk langkah awal belajar sebagai  seorang webmaster, maka sebaiknya anda menentukan spesifikasi anda. Spesifikasi yang bisa dipilih antaralain, sebagai berikut :

1. Web Designer

Web designer adalah orang yang tugasnya mendesain halaman web. Sebagai seorang designer sebaiknya Anda mempunya jiwa seni sehingga anda bisa melakukan pemilihan design, layout, dan warna yang akan membuat pengunjung situs Anda merasa nyaman, takjub, dan menjadi pengunjung setia website yang Anda rancang.

Design adalah kesan pertama yang dilihat oleh user,  bila kesan petama ini menarik, maka selanjutnya ada kemungkinan situs anda akan dikunjungi terus. Beberapa point penting bagi web designer dalam merancang halaman web adalah sebagai berikut :

·         Perhatikan kompabillitas resolusi monitor pengunjung
·         Desain harus dirancang semenarik mungkin dan sesuai dengan tujuan situs
·         Warna yang dipilih tidak terlalu terang ataupun gelap.
·         Navigasi yang baik
·         Software yang dapat digunakan oleh web designer untuk mendesain halaman web adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, fireworks, freehand, dll.

2.Web Programer

 Web Programer atau web developer sebaiknya harus bisa menguasai beberapa bahasa pemrograman web seperti HTML, DHTML, Javascript, VBScript, Applet. ASP, PHP, ColdFusion, WML, XML, dan masih banyak lagi.

Tugasnya antara lain :


Koding
Membuat, merancang, dan mengelola database
Menggabungkan antara desain dan program

Beberapa software yang dapat digunakan yaitu Dreamweaver, frontpage, Notepad, Ultraedit,dll.

3.Web Animator

Tugas web animator adalah membuat animasi yang dapat menarik perhatian dan minat pengunjung. Dalam membuat animasi web animator juga harus memperhatikan rancangan website yang ada, sehingga animasi tidak merusak atau memperburuk design yang sudah ada.

Software yang dapat digunakan antara lain Macromedia flash, swish, gif animator, livemotion, dll.

4. Web Administrator

Web administrator bertanggung jawab atas berjalannyaq sebuah situs ketika sudah selesai dibuat. Web administrator harus mengetahui dan menguasai perbedaan web server yang ada, baik kelebihannya maupun kekurangannya.


Tugasnya antara lain :
Menginstal web, dan mengatur konfigurasi server
Mengatur DNS dalam sistem
Mengatur account untuk admin dan user
Mengatur konfigurasi keamanan dan firewall.

Melihat beratnya tugas seorang web administrator, maka setidaknya dia harus menguasai IIS, Apache server, Telnet, Windows, NT/2000, Linux, Solaris.

5. Web Content Creator

Web Content Creator bertugas menambahkan content/ mengkonsep content pada website yang sesuai dengan tujuan pembuatan website tersebut.


Disadur dari : Bahan Materi Pelatihan Pembuatan Aplikasi Berbasis Web yang penulis Ikuti di Jakarta, tanggal, 5-9 Desember 2009 di Hotel Jayakarta Jakarta oleh Tenaga Ahli IT Depkominfo RI

Comment (1)

Posting Komentar